Rabu, 04 September 2019

UNSUR - UNSUR IKLAN


Hari Rabu, 05 September 2019
Tema Makanan Sehat
Sub Tema Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan                                                                                                      
Muatan  Bahasa Indonesia


Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. Pemberitahuan dilakukan supaya orang tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan dapat disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektronik.

Berdasarkan media yang digunakan iklan dapat dikelompokkan menjadi iklan media elektronik dan iklan media cetak. Iklan cetak adalah iklan yang penyebarannya dilakukan melalui media cetak. Contoh iklan cetak antara lain; poster, spanduk, baliho, reklame, iklan baris di koran, flyer atau selebaran.

Sedangkan eklan elektronik adalah iklan yang penyebarannya melalui media elektronik. Contoh dari iklan elektronik antara lain; iklan di TV, iklan di radio, iklan di Internet. Iklan di internet ini masih terbagi menjadi beberapa jenis, antar lain; banner, iklan baris, straming dll. Iklan baik media cetak maupun elektronik memiliki unsur-unsur berikut.
  1. Nama produk.
  2. Gambar yang menarik.
  3. Kalimat iklan.
  4. Keunggulan produk.
  5. Harga produk.
  6. Nomor telepon.
  7. Alamat pengiklan.

Iklan yang baik tentu harus menggunakan bahasa yang baik. Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut.
  1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
  2. Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
  3. Menggunakan kata konotasi positif.
  4. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.

0 komentar:

Posting Komentar

 

tusriyah Template by Ipietoon Cute Blog Design