Hari /tanggal : Kamis, 1 Agustus
2019
Tema : 1.
Organ Gerak Manusia dan Hewan
Sub. Tema : 3. Lingkungan
dan manfaatnya
Muatan : PKn (KD 3.1 dan 4.1)
Tujuan Pembelajaran : Siswa memahami nilai-nilai
yang terkandung dalam
pancasila
Media :
Menggunakan LCD / gambar-gambar kegiatan yang
Mencerminkan nilai-nilai pancasila
Nilai-nilai pancasila sila persatuan Indonesia
1. Mampu
menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan
keselamatan
bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas
kepentingan
pribadi dan golongan.
Contoh:
Bila di negara kita ada suatu masalah bukan berarti kita malah
pindah
negara. Kita perlu berbuat sesuatu yang bisa kita lakukan agar
masalah
tersebut terselesaikan.
2.
Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa
apabila
diperlukan.
Contoh:
Kita perlu ikut berpatisipasi berjuang apabila negara Indonesia
terancam
keamanannya.
3.
Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
Contoh:
Hargailah produk-produk dalam negeri jangan semua produk
menggunakan
buatan dari luar. Kita perlu ikut mensejahterakan
perekonomian
nasional
4.
Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air
Indonesia.
Contoh:
Menjaga sumber daya dan kelestarian bumi yang ada di Indonesia
5.
Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan,
perdamaian
abadi, dan keadilan sosial.
Contoh:
Bila kita belum menjaga ketertiban dunia, kita bisa mulai dari yang
terkecil
seperti mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan di lingkungan
kita.
6.
Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Eka.
Contoh:
Tidak diperkenankan membeda bedakan antara suku, ras dan
agama
satu dengan lainnya.
7.
Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.
Contoh:
Menjunjung tinggi nilai persatuan bangsa tanpa memandang
suku,
agama, dan ras.
Nilai-nilai
pancasila sila ke 4: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat
kebijaksanaan dalam permusyawaran / perwakilan
1. Sebagai warga negara dan warga masyarakat, setiap manusia Indonesia
mempunyai
kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama.
Contoh:
Setiap manusia mempunyai hak dan kewajiban sama memperoleh pendidikan
2.
Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.
Contoh:
Tidak boleh memaksa kehendak sendiri
terhadap orang
lain
apalagi melakukan penyuapan.
3.
Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk
kepentingan
bersama.
Contoh:
Ketika ada perbedaan kita perlu mengutamakan aspek
bermusyawarah,
tidak boleh mau menang sendiri.
4.
Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi semangat kekeluargaan
Contoh:
Dalam bermusyawarah perlu tercapainya hasil yang telah
disepakati
bersama dengan mendukung aspek kekeluargaan.
5.
Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai
sebagai
hasil musyawarah.
Contoh:
Kita patuh, menerima dan hormat terhadap suatu keputusan
yang
sudah disepakati dan mufakat
6.
Dengan iktikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan
melaksanakan
hasil keputusan musyawarah.
Contoh:
Dalam menerima suatu keputusan kita perlu ikhlas dalam
menjalaninya
7. Di
dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas
kepentingan
pribadi dan golongan.
Contoh:
Di dalam bermusyawarah perlu mengutumakan kepetingan
bersama
daripada kepentingan pribadi
8.
Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai hati nurani
yang
luhur.
Contoh:
Bermusyawarah kita perlu dalam keadaan dingin dan tidak emosi
9.
Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara
moral
kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan
martabat
manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan mengutamakan
persatuan
dan kesatuan demi kepentingan bersama.
Contoh:
Dalam pengesahan keputusan sehendaknya keputusan tersebut
sesuai
dengan norma pada TYME serta tetap mempertahankan martabat
10.
Memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk
melaksanakan
pemusyawaratan.
Contoh:
Mempercayai penuh dan menyerahkan terhadap wakil – wakil
terpilih
untuk menjalankan tugasnya.