Selasa, 03 September 2019

PENGERTIAN IKLAN


Hari Rabu, 04 September 2019
Tema Makanan Sehat
Sub Tema Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan                                                                                                      
Muatan Bahasa Indonesia

Pengertian Iklan adalah suatu bentuk informasi yang dilakukan oleh seseorang, instansi/ lembaga, atau perusahaan, yang isinya berupa pesan yang menarik tentang sebuah produk atau jasa yang ditujukan kepada khalayak. Maksud dan tujuan dibuatnya iklan adalah untuk membujuk/ mendorong masyarakat sehingga menjadi tertarik menggunakan produk/ jasa yang ditawarkan.
Biasanya iklan dipasang di berbagai media agar terlihat oleh banyak orang, baik itu media offline maupun media online. Beberapa media tersebut diantaranya Koran, Majalah, Tabloid, Televisi, Situs Berita, Blog, Media Sosial, Mesin Pencari, dan tempat-tempat umum.
Pada umumnya iklan berbentuk informasi non personal mengenai sebuah produk atau jasa, perusahaan, merek, dan lainnya, dengan kompensasi biaya tertentu. Semua komunikasi dalam bentuk iklan ini bertunjuan untuk menarik perhatian atau membujuk orang lain untuk membeli atau melakukan sesuatu yang menguntungkan si pembuat iklan
Tujuan Iklan
Seperti yang dijelaskan pada pengertian iklan di atas, secara garis besar tujuan dari iklan adalah untuk membujuk atau mendorong orang lain agar menjadi tertarik untuk menggunakan suatu produk/ jasa. Mengacu pada pengertian iklan di atas, adapun tujuannya adalah sebagai berikut:
  1. Memberikan informasi kepada khalayak mengenai suatu produk barang atau jasa, merek, perusahaan, ataupun suatu ide. Iklan menggunakan bahasa persuasif dengan menonjolkan kelebihan produk/ jasa yang ditawarkan.
  2. Mempengaruhi orang lain yang merupakan target market untuk menggunakan dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan kepada mereka.
Manfaat Iklan
Iklan tidak akan pernah ada jika tidak memberikan manfaat bagi si pengiklan. Secara umum ada beberapa manfaat iklan yang bisa didapatkan oleh pengiklan, yaitu:
1. Produk atau jasa yang diiklankan akan dikenal atau lebih terkenal di masyarakat luas.                         2. Konsumen baru semakin bertambah sehingga meningkatkan angka penjualan produk/ jasa   yang diiklankan.                                                                                                                                                 3.Keuntungan pihak pengiklan akan meningkat karena penjualan produk/ jasanya yang   diiklankan.                                                                                                                                                            4. Meningkatkan brand awareness sebuah merek di masyarakat luas sehingga masyarakat  mudah     mengidentifikasi produknya.
Contoh Iklan Media Cetak





0 komentar:

Posting Komentar

 

tusriyah Template by Ipietoon Cute Blog Design