Selamat pagi anak soleh dan soleha, semoga kita sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT. Anak - anak sebelum mulai pembelajaran sebaiknya kita mendengarkan tausiyah dahulu, berdo'a sebelum belajar, melaksanakan sholat duha, dan muroja'ah surat-surat pendek. Tak lupa ibu mengingatkan, selalu laksanakan sholat wajib tepat pada waktunya. TETAP SEMANGAT !
PECAHAN
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Melalui video pembelajaran/ membaca materi tentang operasi hitung pecahan, siswa dapat menghitung operasi hitung berbagai bentuk pecahan ( operasi jumlah, kurang, kali dan bagi ).
2. Siswa dapat menyelesaikan masalah operasi hitung pecahan yang berkaitan dengan soal cerita.
A. MENENTUKAN NILAI PECAHAN DARI SUATU BILANGAN ATAU KUANTITAS TERTENTU
Untuk menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu, caranya dengan mengalikan pecahan dengan bilangaan atau kuantitas tersebut.
Ex : Ilham Tyas mempunyai 8 apel. Sebanyak ¼ bagian apelnya diberikan kepada Billy. Berapa banyak apel yang diberikan kepada Bily ?
Solusi : 1 x 8 = 1 x 8 = 8 = 2 buah apel
4 4 4
B. OPERASI HITUNG BERBAGAI BENTUK PECAHAN
1. PENJUMLAHAN
(3)
( 4 )
2. PENGURANGAN
3. PERKALIAN
4. PEMBAGIAN
SIMAK VIDEO BERIKUT INI !
C. MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPERASI HITUNG CAMPURAN PECAHAN
Menyelesaikan soal cerita operasi hitung campuran pecahan sama seperti mengerjakan soal cerita operasi hitung campuran bilangan cacah. Kunci untuk dapat menyelesaikan soal cerita adalah kemmapuan memahami soal cerita dengan baik. Dengan memahami soal cerita, kita akan lebih mudah merumuskan kalimat matematika yang tepat.
Contoh :
1. Ardi mendapat tugas sekolah yang harus ia selesaikan dalam 3 hari. Pada hari pertama ia selesaikan ²/₅ bagian. Hari kedua ia hanya menyelesaikan ¹/₄ bagian. Berapa bagian yang harus Ardi selesaikan di hari ketiga?
Pembahasan :
Tugas yang sudah diselesaikan= ²/₅ + ¹/₄
=⁸/₂₀ + ⁵/₂₀
=¹³/₂₀
Tugas yang belum diselesaikan=1 - ¹³/₂₀
=⁷/₂₀
2. Seorang pedagang mempunyai 6¹/₂ kg gula pasir. Ia ingin membungkus gula pasir tersebut dalam plastik dengan ukuran ¹/₄ kg. Berapa bungkus gula pasir yang bisa ia dapatkan?
Pembahasan :Jumlah bungkusan= 6¹/₂ : ¹/₄
=¹³/₂ x ⁴/₁
=⁵²/₂
=26 bungkus
Untuk absensi dan tugas silakan klik link dibawah ini !!!
Kegiatan siswa/i Kamis, 17 September 2021
Assalamuallaikum wr wb
BalasHapusNama : M Deswan Ali ifrokie
Kls : VI D
Absen : 18
Ket : hadir
Terimakasih bu untuk materi hari ini
Wassalam 🙏
Assalamualaikum bu
BalasHapusNama : Daffa Naufal Kennedi
Kelas : 6D
Absen : 8
Ket : Hadir
Terinakasih bu
Assalamu'alaikum
BalasHapusM. Ridho Aldita
6D
Hadir