Kamis, 26 Maret 2020

Kamis, 26 Maret 2020

Muatan PKn

Setiap provinsi mempunyai kabupaten. Setiap kabupaten memiliki kekhasannya masing-masing. Namun demikian, tentu saja antara kabupaten yang satu dengan lainnya tetap menjunjung persatuan dan kesatuan. Tidak hanya di dalam lingkup kabupaten, dengan orang terdekat pun kita harus menjunjung persatuan dan kesatuan.

Perhatikan gambar berikut. Paman Siti dan para tetangga bekerja sama membersihkan lingkungan rumah. Mereka juga mengganti bola lampu yang mati untuk penerangan di depan rumah masing-masing. Kegiatan mereka demi keamanan dan kenyamanan semua warga kampung. Kegiatan mereka itu mencerminkan hidup rukun dalam persatuan dan kesatuan.
Gotong Royong
Ada perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Sebaliknya, ada pula perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. 


No.Perilaku yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan Perilaku yang Tidak Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan
1.Menjalankan kewajiban sebagai anggota keluarga dengan tulus dan ikhlasMelakukan kegiatan dengan terpaksa atau setelah ditegur orang tua
2.Menghormati perbedaan (agama, suku, daerah, adat, dan kebudayaan) dalam masyarakat.Selalu mempermasalahkan perbedaan (agama, suku, daerah, adat, dan kebudayaan) dalam masyarakat.
3.Mengutamakan kepentingan umum.Mengutamakan kepentingan pribadi.
4.Saling menghormati antar sesama anggota masyarakatSaling ejek dan mengaggap suku sendiri yang terbaik
5.Bermain dengan siapa saja tanpa membedakan suku, agama, ras, ataupun daerahBermain dengan teman yang memiliki persamaan suku, agama, ras, ataupun daerah

Muatan IPS

Indoensia merupakan Negara kepulauan yang sangat besar, ia terletak di kawasan Asia Tenggara. Letaknya sangat strategis lho, karena secara geografis Negara Indonesia diapit oleh dua benua dan dua samudera. Dua benua besar itu adalah benua Asia dan benua Australia. Sedangkan dua samudera yang mengapitnya adalah Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Posisinya yang terletak tepat diatas garis khatulistiwa juga menyebabkan tanah Indonesia menjadi daratan yang sangat subur. Oleh karena itu Indonesia juga memiliki dua musim yang silih berganti, yaitu musim panas dan musim hujan, yang dipengaruhi oleh pergantian musim selama enam bulan sekali.
Sedangkan jika dilihat secara astronomis Indonesia terletak pada 6o LU (Lintang Utara) - 11o LS (Lintang Selatan) dan 95o BT (Bujur Timur) - 141o BT (Bujur Timur). Teman-teman sudah tahu kan apa itu garis lintang dan garis bujur ?  Nah, bagi yang belum tahu, berikut penjelasannya.
Garis Lintang adalah garis khayal pada peta atau bola dunia yang sejajar dengan garis  khatulistiwa. Berdasarkan garis lintang 6o LU (Lintang Utara) - 11o LS (Lintang Selatan), Indonesia berada di wilayah dengan iklim tropis dengan ciri-ciri: memiliki curah hujan tinggi; terdapat sinar matahari sepanjang tahun; memiliki hutan hujan tropis yang luas; serta memiliki suhu kelembaban udara yang tinggi.
Sedangkan garis bujur adalah garis khayal pada peta atau bola dunia yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan bumi. Garis bujur ini akan berdampak pada waktu di sebuah negara. Garis bujur 0o nya berada di Greenwich. Indonesia berada di garis bujur 95o BT (Bujur Timur) - 141o BT (Bujur Timur). Letak ini menyebabkan Indonesia memiliki tiga daerah waktu, yaitu :
1. Waktu Indonesia bagian Barat (WIB)
Merupakan waktu yang berada  di daerah-daerah Indonesia bagian barat, diantaranya adalah Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Selisih WIB terhadap GMT (Greenwich Mean Time)  ialah  +7.  
2. Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA)
Merupakan waktu yang berada di daerah-daerah Indonesia bagian tengah, diantaranya adalah Bali, Nusa Tengara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Pulau Sulawesi, dan pulau-pulau kecil sekitarnya.
 Selisih WITA terhadap GMT (Greenwich Mean Time) adalah +8.
3. Waktu Indonesia bagian Timur (WIT)
Merupakan waktu yang berada di daerah-daerah Indonesia bagian timur, diantaranya adalah Kepulauan Maluku, Papua, Papua Barat, dan pulau-pulau kecil sekitarnya. Selisih WIT terhadap GMT (Greenwich Mean Time) adalah +9.

Soal
Jawablah pertanyaan dibawah ini !
1. Perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan disekolah adalah.....
      a. Menyapu halaman             c. Duduk
      b Menulis                                 d. Bermain

2.   Perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan disekolah adalah.....
      a. Kerja kelompok   c.  Berdoa bersama
      b. Upacara bendera    d. Berkelahi dengan teman

3.  Akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat yaitu :
 a. Lingkungan menjadi kotor  
 b. Jalan menjadi bersih
 c. Hidup tentram dan nyamam
 d. Pemandangan sangat indah

4. Apa akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan didalam keluarga ?

5. Bagaimana cara menjaga persatuan dan kesatuan dilingkungan masyarakat ?

6. Secara geografis Indonesia terletak diantara....

7. Di Indonesia terdapat dua musim yaitu...  dan ....

8. Secara astronomis Infonsia terletak antara....

9. Indonesia memiliki tiga daerah waktu, sebutkan !

10. Daerah- daerah yang terdapat di wilayah Idonesia bagian barat yaitu....






1 komentar:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus

 

tusriyah Template by Ipietoon Cute Blog Design