Selasa, 24 Maret 2020

Selasa, 24 Maret 2020


Muatan bahasa Indonesia dan muatan IPA


Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. Pemberitahuan dilakukan supaya orang tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan dapat disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektronik.

Berdasarkan media yang digunakan iklan dapat dikelompokkan menjadi iklan media elektronik dan iklan  Ikmedia cetak. Iklan cetak adalah iklan yang penyebarannya dilakukan melalui media cetak. Contoh iklan cetak antara lain; poster, spanduk, baliho, reklame, iklan baris di koran, flyer atau selebaran.

Sedangkan eklan elektronik adalah iklan yang penyebarannya melalui media elektronik. Contoh dari iklan elektronik antara lain; iklan di TV, iklan di radio, iklan di Internet. Iklan di internet ini masih terbagi menjadi beberapa jenis, antar lain; banner, iklan baris, straming dll. Iklan baik media cetak maupun elektronik memiliki unsur-unsur berikut.
  1. Nama produk.
  2. Gambar yang menarik.
  3. Kalimat iklan.
  4. Keunggulan produk.
  5. Harga produk.
  6. Nomor telepon.
  7. Alamat pengiklan.

Iklan yang baik tentu harus menggunakan bahasa yang baik. Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut.
  1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
  2. Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
  3. Menggunakan kata konotasi positif.
  4. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.


Muatan IPA

Materi adalah sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Materi tersebut amat banyak ragamnya. Amatilah benda-benda di sekitarmu, mungkin Anda dapat menyebutkan ratusan jenis materi. Seperti air, batu, pasir, tanah, oksigen, kayu, besi, emas, plastik, dan sebagainya.

Setiap materi mempunyai sifat-sifat khas yang membedakannya dari materi lainnya. Namun diantara berbagai macam materi terdapat juga berbagai persamaan, sehingga kita dapat membuat pengelompokan. Misalnya, pengelompokan berdasarkan wujud (padat, cair, dan gas), komposisi kimia, daya hantar listrik, dan sebagainya. Pada tulisan ini akan dibahas pengelompokan materi berdasarkan komposisi penyusunnya.

Materi dapat digolongkan ke dalam zat tunggal (zat murni) atau campuran.  Zat murni atau zat tunggal adalah zat yang hanya mengandung satu macam zat penyusun. Dengan cara-cara fisika, zat murni tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat-zat lain yang lebih sederhana. Contoh zat murni adalah emas 24 karat, air suling atau aquades, dan besi murni.

Ayo Mengamati
Perhatikan berbagai gambar benda yang termasuk dalam zat tunggal berikut.

Zat Tunggal

A. Zat tunggal
Zat tunggal merupakan zat yang terdiri atas materi sejenis. Contoh benda termasuk dalam zat tunggal adalah air, garam, gula, dan emas 24 karat.

B. Campuran
Campuran adalah zat yang terdiri atas beberapa jenis materi atau zat tunggal. Campuran dapat dibedakan menjadi campuran homogen dan campuran heterogen.




Soal soal
Jawablah pertanyaan berikut!

1. Apakah yang dimaksud  iklan?
2. Berdasarkan medianya iklan dibedakan
     menjadi dua, sebutkan !                                           3. Tuliskan unsur-unsur iklan !
4. Ciri -ciri bahasa yang digunakan dalam          iklan yaitu....
5. Sesuatu yang menempati ruang dan
     mempunyai massa disebut..
6. Dua contoh materi yaitu...
7. Materi digolongkan menjadi dua
     yaitu... &....
8. Apakah yang dimaksud zat tunggal,
     Berilah coñtohnya!


Soal no 1-3

1. Apakah yang dimaksud iklan?
2. Berdasarkan medianya iklan dibedakan
    menjadi dua, sebutkan!
3. Tuliskan unsur- unsur iklan !






0 komentar:

Posting Komentar

 

tusriyah Template by Ipietoon Cute Blog Design