Satuan Pendidikan : SD Al – Azhar 2 Bandar Lampung
Kelas / Semester : VI / 1
Materi : Bilangan Bulat
Materi : Bilangan Bulat
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Siswa mampu membilang dan menulis lambang bilangan bulat.
2. Siswa mampu menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
1. Siswa mampu membilang dan menulis lambang bilangan bulat.
2. Siswa mampu menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
3. Siswa mampu mengurutkan bilangan bulat.
4. Siswa mampu menggunakan konsep bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari.
B. MATERI PEMBELAJARAN : BILANGAN BULAT
1. Membaca dan menulis lambang bilangan bulat
Banyak hal di sekitar kita yang berhubungan dengan bilangan bulat. Seperti menuliskan ketinggian, suatu tempat, suhu, keuntungan atau kerugian dalam berdagang. Ini semua berkaiatan dengan bilangan bukat. Bilangan bulat sendiri merupakan bilangan yang terdiri dari bilangan negatif (Bilangan bulat negatif adalah bilangan yang dimulai dari bilangan negatif satu ke bawah yaitu : -1, -2, -3, -4, -5, dan seterusnya.) , nol, dan bilangan positif (Bilangan bulat positif adalah bilangan yang dimulai dari bilangan satu ke atas yaitu 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya. ).
Pengamatan :
Perhatikan gambar dan bacaa berikut dengan cermat !
Makanan dan minuman disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu tertentu. Beberapa saat, suhu makanan dan minuman dalam lemari pendingin mencapai 30C di bawah 00C. suhu ini dpat dituliskan -30C atau dibaca negatif tiga derajat celcius. Kemudian makanan dan minuman dikeluarkan dari lemari pendingin, suhu makanan dan minuman menjadi 120C, maka dapat ditulis sebagai bilangan bulat 12 dan dibaca positif 12 atau cukup dibaca 12
Pada garis bilangan, bilangan bulat digambarkan sebagai berikut :
Contoh :
Tentukan bilangan bulat yang lebih dari -5 dan kurang dari 5 ?
Tentukan bilangan bulat yang lebih dari -5 dan kurang dari 5 ?
Penyelesaian :
Bilangan tersebut adalah :-4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, dan 4
2. Mengurutkan dan membandingkan bilangan bulat
a. Jika yang dibandingkan sama-sama positif, maka langsung dapat dibandingkan mana yang lebih besr dan yang lebih kecil.
b. Jika yang dibandingkan berlawanan tanda, maka bilangan bertanda positif lebih besar dari bilangan yang bertanda negative. ( tanpa menghiraukan nilai bilangannya ).
c. Jika yang dibandingkan sama-sama negative, maka semakin besar bilangannya nilainya semakin kecil
Contoh : urutan turun dari bilangan : -6, -2, 0, -4, 3, 2, -5, 7
Jadi, urutan bilangan bulat tersebut : 7, 3, 2, 0, -2, -4, -5, -6
Lambang-lambang untuk membandingkan dua bilangan bulat sebagai berikut:
Penyelesaian :
Letakan bilangan-bilangan tersebut pada garis bilangan :
Lambang-lambang untuk membandingkan dua bilangan bulat sebagai berikut:
- a lebih dari b, ditulis a > b
- a kurang dari b, ditulis a < b
- a lebih dari atau sama dengan b, ditulis a ≥ b
- a kurang dari atau sama dengan b, ditulis a ≤ b
Contoh:
873 lebih dari -945, ditulis dengan
873 > -945
-9.569 kurang dari 1.089, ditulis dengan -9.569 < 1.089873 > -945
3. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari.
Persoalan yang berkaitan dengan bilangan bulat sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Bilangan bulat selalu digunakan dalam berbagai bidang seperti perdagangan, jual-beli, perhitungan suhu dan cuaca, pengukuran, perhitungan data statistik, dan bidang-bidang lainnya. Dengan demikian, keberadaan bilangan bulat sangat penting dalam kehidupan kita.
Penerapan pada Termometer
Termometer merupakan suatu alat yang dipergunakan untuk mengukur suhu suatu zat. Pada saat melakukan pengukuran, termometer menyatakan suhu yang berada dibawah 0° C dengan menggunakan tanda – (negatif).
Coba Perhatikan Uraian berikut!
Untuk suhu 2° C di atas titik beku (0° C) kita bisa menuliskannya dengan +2° C atau 2° C, sedangkan untuk suhu 3° C dibawah titik beku (0° C) kita bisa menuliskannya dengan -3° C.
Penerapan Pada Kapal Selam
Selain pada termometer dan Tes Ujian (SPMB), ternyata bilangan bulat juga bisa kita jumpai pada kapal selam. Kapal selam Umumnya digunakan untuk keperluan pengaman atau pengawasan, perang, dan bisa juga digunakan untuk operasi penyelamatan.
Oleh Sebab itu penting bagi para penyelam dan kapal selam untuk mengetahui tingkat kedalaman air laut. Jika permukaan air laut di nyatakan dengan 0 meter, maka tinggi yang berada diatas permukaan air laut dinyatakan dengan bilangan positif, dan untuk kedalaman dibawah permukaan air laut dapat dinyatakan dengan bilangan negatif.Contohnya jika kedalaman 15 m dibawah permukaan air laut maka ditulis -15 m.
Contoh Soal !
Suatu Ruangan Laboratorium diketahui memiliki suhu 17° C, Untuk Suatu Penelitian Suhu Tersebut diturunkan kembali sebanyak 25° C lebih rendah dari suhu mula mula, berapakah suhu ruangan pada laboratorium sekarang?
Penyelesaian;
Suhu awal 17 ° C, diturunkan sebanyak 25° C,
maka 17° C – 25° C = -8° C
Jadi Suhu ruangan dalam laboratorium tersebut sekarang yaitu -8° C (dibawah titik 0° C)
MULAI LATIHAN SOALhttps://forms.gle/KwafvqnoFZEDcvTV6
Link di atas merupakan Link Google Form, dapat dikerjakan sekali saja dengan cara :
1. pilih kelas
2. isi kehadiran
3. mengisi Nama Lengkap
4. mengisi Nomor Absen (sesuai dengan nomor absen kehadiran yang dishare di grup WA ya, misalnya 29)
Ananda fajarino S (hadir)
BalasHapusGriselda Cintya Alriani(hadir)
BalasHapusNamira Zulaikha P.L (hadir)
BalasHapusZahra asyura musta farida hadir
BalasHapusNabil Ar Rasyid (hadir)
BalasHapusAzzam Qatrunada (Hadir)
BalasHapusBabarajati mika rahil susanto (hadirr)
BalasHapusNabil Fadilah Hadir
BalasHapusElsa hadir bu.
BalasHapusMonica laura suci (hadir)
BalasHapusKevin athala (hadir)
BalasHapus