Selamat pagi anak soleh dan soleha, semoga kita sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT. Anak - anak sebelum mulai pembelajaran sebaiknya kita mendengarkan tausiyah dahulu, berdo'a sebelum belajar, melaksanakan sholat duha, dan muroja'ah surat-surat pendek. Tak lupa ibu mengingatkan, selalu laksanakan sholat wajib tepat pada waktunya. TETAP SEMANGAT !
TEMA 1. SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP
SUBTEMA 3. AYO, SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP
PEM BELAJARAN 3 dan 4
A. MUATAN PEMBELAJARAN
IPA KD 3.1 dan 4.1
PKn KD 3.1 dan 4.1
B.Indonesia KD 3.1 dan 4.1
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati dan mencari informasi peserta didik mampu mengidentifikasi cara pelestarian tumbuhan
2. Peserta didik mampu menemukan contoh pelaksanaan sila pancasila terkait peduli terhadap hewan dan tumbuhan.
3. Peserta didik mampu menemukan ide pokok dan membuat kesimpulan
RINGKASAN MATERI
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Pelestarian hewan dan tumbuhan merupakan usaha untuk melindungi hewan dan tumbuhan agar tidak punah. Pelestarian hewan dan tumbuhan dilakukan agar manusia dapat memenuhi kebutuhannya. Kelestarian hewan dan tumbuhan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup generasi manusia pada saat ini dan masa yang akan datang.
Pelestarian tumbuhan secara garis besar dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :
1. Pelestarian
In Situ adalah pelestarian yang dilakukan pada tempat asli tumbuhan
tersebut berada. Contoh pelestarian in situ adalah hutan lindung, dan
taman nasional. Hutan lindung merupakan kawasan yang melindungi
tumbuhan. Adapun taman nasional merupakan kawasan yang melindungi
hewan dan tumbuhan.
2. Pelestarian
ex situ adalah pelestarian yang dilakukan di luar tempat tinggal
aslinya. Hal itu dilakukan karena tumbuhan kehilangan tempat tinggal
aslinya. Selain itu, pelestarian ex situ dilakukan sebagai upaya
rehabilitasi, perawatan hewan maupun tumbuhan langka.
Selain pelestarian in situ dan ex situ, kitapun dapat menjaga kelestarian dengan usaha-usaha sebagai berikut
1. Tidak menebang pohon sembarangan
2. Melakukan tebang pilih artinya menebang dengan memilih ukuran dan usia tumbuhan.
3. Penanaman kembali tanaman yang telah dimanfaatkan atau peremajaan tanaman\
4. Pemeliharaan tanaman dengan benar
Usaha yang dilakukan pemerintah untuk menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan langka diantanya adalah :
1. Cagar alam Sebagai tempat perlindungan dan pelestarian hewan, tumbuhan, tanah dan air
2. Hutan
lindung Sebgai tempat melindungi air / daerah resapan air karena di
hutan dengan tumbuhan yang menutupinya jika terjadi hujan maka air
akan tertahan dan diserap tanah
3. Kultur Jaringan adalah perkembangbiakan tumbuhan dengan cara memperbanyak sel tumbuh ( jaringan ) menjadi tumbuhan baru.
Keberadaan tumbuhan sangat penting bagi manusia untuk :
1. Sumber belajar guna menambah ilmu pengetahuan berharga tentang kehidupan.
2. Dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan yang berasal dari tumbuhan.
3. Menjaga keseimbangan lingkungan dan alam sekitar
4. untuk menyerap CO2 dan menghasilkan oxygen
5. Memberikan rasa indah terhadap alam ini
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Beberapa contoh lain penerapan sila-sila pancasila dalam menyayangi hewan adalah sebagai berikut :
1. Melindungi dan merawat hewan sebagai tanda syukur kepada TYME (sila pertama)
2. Memiliki kebanggan terhadap hewan-hewan asli Indonesia yang unik dan dan beragam (sila ketiga)
3. Melaksaan kewajiban dan hak kita dalam menyayagi hewan di sekitar kita (sila keempat)
Beberapa contoh lain penerapan sila-sila pancasila dalam menyayangi tumbuhan adalah sebagai berikut
1. Bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya sehingga kita dapat memanfaatkan berbagai tumbuhan. (sila pertama)
2.Bangga terhadap tumbuhan langka yang ada di Indonesia ( sila ketiga)
3.Bersama-sama menjaga kelestarian tumbuhan disekitar kita (sila kedua)
BAHASA INDONESIA
Membuat simpulan berdasarkan informasi penting Teks laporan
Untuk absensi dan tugas ilahkan klik link dibawah ini
Assalamualaikum wr.wb
BalasHapusNama AISHITA ANISNY QUMAIRANITA Kelas VID keterangan hadir
Terimakasih bu atas materi pelajaran nya hari ini
Tugas sudah di kerjakan 😁🙏🏻
Wassalamu'alaikum wr.wb