Hari
Rabu, 04 September 2019
Tema Makanan
Sehat
Sub Tema Bagaimana
Tubuh Mengolah Makanan
Muatan
Bahasa Indonesia
Pengertian Iklan adalah suatu bentuk informasi yang
dilakukan oleh seseorang, instansi/ lembaga, atau perusahaan, yang isinya
berupa pesan yang menarik tentang sebuah produk atau jasa yang ditujukan kepada
khalayak. Maksud dan tujuan dibuatnya iklan adalah untuk membujuk/ mendorong
masyarakat sehingga menjadi tertarik menggunakan produk/ jasa yang ditawarkan.
Biasanya iklan dipasang di berbagai media agar terlihat oleh
banyak orang, baik itu media offline maupun media online. Beberapa media
tersebut diantaranya Koran, Majalah, Tabloid, Televisi, Situs Berita, Blog,
Media Sosial, Mesin Pencari, dan tempat-tempat umum.
Pada umumnya iklan berbentuk informasi non personal mengenai
sebuah produk atau jasa, perusahaan, merek, dan lainnya, dengan kompensasi biaya
tertentu. Semua komunikasi dalam bentuk iklan ini bertunjuan untuk menarik
perhatian atau membujuk orang lain untuk membeli atau melakukan sesuatu yang
menguntungkan si pembuat iklan
Tujuan Iklan
Seperti yang dijelaskan pada
pengertian iklan di atas, secara garis besar tujuan dari iklan adalah untuk
membujuk atau mendorong orang lain agar menjadi tertarik untuk menggunakan
suatu produk/ jasa. Mengacu pada pengertian iklan di atas, adapun tujuannya
adalah sebagai berikut:
- Memberikan informasi kepada khalayak mengenai suatu produk barang atau jasa, merek, perusahaan, ataupun suatu ide. Iklan menggunakan bahasa persuasif dengan menonjolkan kelebihan produk/ jasa yang ditawarkan.
- Mempengaruhi orang lain yang merupakan target market untuk menggunakan dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan kepada mereka.
Manfaat Iklan
Iklan tidak akan pernah ada jika
tidak memberikan manfaat bagi si pengiklan. Secara umum ada beberapa manfaat
iklan yang bisa didapatkan oleh pengiklan, yaitu:
1. Produk
atau jasa yang diiklankan akan dikenal atau lebih terkenal di masyarakat luas. 2. Konsumen
baru semakin bertambah sehingga meningkatkan angka penjualan produk/ jasa yang diiklankan.
3.Keuntungan pihak pengiklan akan meningkat karena penjualan
produk/ jasanya yang diiklankan.
4. Meningkatkan
brand
awareness sebuah merek di masyarakat luas sehingga masyarakat mudah mengidentifikasi
produknya.
Contoh Iklan Media Cetak
0 komentar:
Posting Komentar